Pengertian E-book/Buku Digital,Fungsi,Tujuan,Beserta Jenisnya

buku digital

Buku Digital

Hi guys....Piye kabarmu kabeh rek??? Seperti Pada judul di atas yaitu Pengertian Buku Digital(E-Book),Fungsi ,Tujuan Dan Contoh Jenis format pada Buku Digital,Maka saya akan membahas tentang Buku digital.Saya yakin para Reader sekalian banyak yang sudah tahu apa itu buku digital atau ebook,Tapi kadang dikalau di tanya oleh Orang lain sering kalut buat menjawabnya maka Selamat membaca.....

Pengertian EBook/Buku digital

Apa sih E-book itu???

Ebook adalah Bentuk digital dari buku cetak,terdiri dari berbagai macam informasi digital(bisa text,gambar,audio,video) yang dapat dibuka melalui komputer,tablet,smartphone,atau perangkat lainya.

Fungsi Ebook:

Berikut ini adalah beberapa fungsi Ebook menurut kami:

  1. Sebagai sarana pembelajaran.
  2. Untuk media pembalajaran.
  3. Untuk media bisnis.

Tujuan buku digital:

Berikut ini adalah beberapa tujuan dari adanya E-book

  1. Memudahkan proses pembelajaran melalui edmodo.
  2. Memudahkan guru memberi tugas.
  3. Memudahkan untuk belajar kelompok via online bagi murid.
  4. Guru dapat memberi materi walau guru sedang tugas luar.
  5. Melakukan ujian via online lebih mudah karena edmodo gratis.
Fungsi dan tujuan buku digital:

Berikut ini adalah fungsi dan tujuan dari buku digital

  1. Berfungsi sebagai salah satu alternatif media belajar
  2. Karena buku digital dapat memuat konten multimedia didalamnya sehingga dapat menyajikan bahan ajar yang menarik dan menyenangkan.

  3. Sebagai media berbagi informasi
  4. Buku digital dapat di sebarkan dengan mudah ,melalui media seperti website yang memberi kesempatan bagi pembuat konten untuk lebih mudah berbagi informasi dengan cara yang lebih menarik dan interaktif dengan membuat konten dalam bentuk digital.

  5. Melindungi informasi yang disampaikan
  6. Berbeda dari buku fisik yang dapat rusak atau basah,buku digital berupa data di komputer yang terlindungi dari masalah-masalah tersebut.Jika hilang pengguna bisa dengan mudah mencari pengganti baik di internet atau meminta ke pembuat buku.

  7. Mempermudah memahami proses memahami materi ajar
  8. Dalam erangkat lunak buku digital,guru dapat memberi catatan pada materi,mencari kata di materi,menampilkan file multimedia untuk memperkaya kontern buku.

9 alasan beralih ke buku digital

Berikut adalah alasan Untuk beralih dari buku biasa ke buku digital atau E-book:

  1. Biaya relatif murah,karena harga dari media penyimpanan semakin murah.
  2. Mudah untuk disimpan,tidak butuh ruang yang besar.
  3. Mudah untuk dibackup(copy dan paste).
  4. Mudah untuk di transfer(inter dan intranet),mobilitas tinggi.
  5. Mudah untuk dicari kembali(metode pencarian nama file,Jenis file,tanggal,dll).
  6. Bisa menggunakan level security/keamanan/pasword.
  7. Tidak khawatir terhadap rayap,basah,lembab,dan jamur.
  8. Siap untuk di reproduksi setiap saat.
  9. Go green! Ramah lingkungan.
Jenis Format Buku Digital

Berikut beberapa format yang tersedia untuk buku dalam format digital:

  1. AZW – Amazon World.

    Sebuah format proprietary Amazon, yang menyerupai format MOBI kadang-kadang dengan dan kadang-kadang tanpa menyertakan Digital Rights Management (DRM). DRM pada format ini dikhususkan untuk Kindle Amazon.

  2. EPUB – Electronic Publication.

    Format terbuka didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Forum (idpf). EPUB mengacu kepada standar XHTML dan XML. Ini adalah standar yang sedang berkembang. Spesifikasi untuk EPUB dapat ditemukan di situs web IDPF, Adobe, Barnes & Noble, dan Apple, masing-masing memiliki DRM mereka sendiri. Format tersebut tidak kompatibel antara satu dengan yang lainnya. Saat ini sudah ada versi terbaru yaitu ePub 3, tetapi belum digunakan secara luas.

  3. KF8 -Format Kindle Fire dari Amazon.

    Hal ini pada dasarnya sama dengan prinsip ePub yang disusun dalam pembungkus Palm File Database (PDB) dengan Digital Right Management (DRM) milik Amazon.

  4. MOBI – Format MobiPocket.

    Ditampilkan menggunakan perangkat lunak membaca sendiri. MobiPocket tersedia pada hampir semua PDA dan Smartphone. Aplikasi Mobipocket pada PC Windows dapat mengkonversi Chm, doc, Html, OCF, Pdf, Rtf, dan Txt file ke format ini. Kindle menampilkan format mobipocket juga.

  5. PDB - Palm File Database.

    Dapat menyertakan beberapa format buku digital yang berbeda, yang ditujukan untuk perangkat berbasiskan sistem operasi Palm. Pada umumnya digunakan untuk buku digital berformat PalmDOC (AportisDoc) dan format eReader juga.

  6. PDF - Portable Document Format

    yang diciptakan oleh Adobe untuk produk Acrobat mereka. Format ini secara tidak langsung merupakan format yang digunakan untuk pertukaran dokumen. Dukungan perangkat lunak untuk format ini hampir mencakupi semua platform komputer dan perangkat genggam. Beberapa perangkat memiliki masalah dengan PDF karena kebanyakan konten yang tersedia akan ditampilkan baik untuk format A4 atau surat, yang keduanya tidak mudah dibaca ketika diperkecil sesuai layar kecil. Beberapa aplikasi pembaca buku digital dapat menyusun ulang tampilan beberapa dokumen PDF, termasuk Sony PRS505, untuk mengakomodasi layar kecil.

  7. PRC - Palm Resource File,

    Sering menyertakan alat baca Mobipocket tetapi kadang-kadang menyertakan eReader atau alat baca AportisDoc.

  8. HTML - Hyper Text Markup Language

    adalah tulang punggung dari World Wide Web. Banyak teks yang didistribusikan dalam format ini. Selain itu, beberapa pembaca e-book mendukung Cascading Style Sheets (CSS) yang pada dasarnya gaya utama panduan untuk halaman HTML.

  9. CHM - Compressed HTML,

    sering digunakan untuk file bantuan Windows. Hal ini telah menjadi sangat populer untuk distribusi teks dan bahan pendukung lainnya melalui Web.

  10. XHTML -

    versi khusus dari HTML dirancang agar sesuai dengan aturan konstruksi XML. Ini adalah format standar untuk data epub.

  11. XML -

    tujuan umum markup language untuk pertukaran data. Dalam konteks digital book umumnya terbatas pada XHTML dan RSS feed meskipun beberapa format lain yang telah ditetapkan.

Begitulah Kira-kira tentang E-book atau buku digital,apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.Jika Sobat ingin meng Copas artikel ini silahkan ijin terlebih dahulu serta cantumkan sumbernya oke...Dimas Out
Bye....,.,.

14 Responses to "Pengertian E-book/Buku Digital,Fungsi,Tujuan,Beserta Jenisnya"