Fungsi dari Bagan Sistem Komputer Minimal

Bagan Sistem Minimal Komputer

Bagan Sistem Komputer Minimal dan Fungsinya

Hi gan,ketemu lagi sama aku,Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang bagan sistem komputer komputer dan fungsinya.Materi ini saya dapatkan ketika kelas 2 dalam mapel Komputer Terapan Jaringan Dan Sistem Komputer.Dan kebetulan Bagan ini sering keluar ketika ulangan di sekolahan saya.Bagi kamu anak TKJ mungkin ini adalah materi yang mendasar tetapi tetap perlu untuk diketahui....oke....maka silahkan membaca.. :v


Bagan Sistem Komputer Minimal

Fungsi Masing-masing Bagian

Berikut ini adalah fungsi dari bagian-bagian sistem komputer minimal pada bagan diatas:

  1. Input Device(Perangkat Masukan)
    Adalah Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data perintah kedalam sistem Komputer.
  2. Output Device (Perangkat keluaran)
    Adalah Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil dari pengolahan data.
  3. Baca Juga:Jenis-Jenis Keyboard dan penjelasan lengkap
  4. I/O Port(Input/Output Port)
    Digunakan untuk menerima atau mengirimkan data dari dan ke luar sistem ,peralatan input dan output terhubung melalui port-port ini.
  5. CPU(Central Processing Unit)
    Adalah Otak dari komputer, memiliki dua bagian fungsi operasional yaitu ALU(Aritmathic Logic Unit) sebagai pusat pengolahan data, dan CU (Control Unit) Sebagai pengontrol kerja komputer.
  6. Memori
    Dibagi menjadi dua yaitu RAM (Radom Access Memory) untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan digunakan sebagai penyedian informasi pada saat komputer pertama dinyalakan.
  7. Data Bus
    Adalah jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer, karena pada saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data maka jumlah salauran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat.Lebar dari data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan.Data bus biasanya terdiri dari 8,16,32 atau 64 jalur paralel.
  8. Address Bus
    Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data.Pada jalur ini,cpu akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address Bus terdiri dari 16,20,14 atau 32 jalur paralel
  9. Control Bus
    Digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke data bus dan address bus.terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

Oke kira-kira seperti itulah Bagan sistem komputer minimal dan fungsinya,jika kurang paham silahkan bertanya(akan saya jawab semampu saya).Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.

1 Response to "Fungsi dari Bagan Sistem Komputer Minimal"