Pengertian dan contoh Jejaring sosial pendidikan

jejaring sosial pendidikan

Pengertian dan Jenis-jenis Jejaring Sosial Pendidikan

Hi guys Bagaimana kabar kalian????at this time i want tell you about E-learning(ngomong apa sih mas :v),heheheheh.pada kesempatan kali ini saya akan men-share tentang sosmednya pendididkan,mungkin kebanyakan dari kita hanya tau sosmed itu kaya Facebook,twitter,instagram dan sebagainya.Tapi ternyata Di bidang pendidikanpun ada sosmednya,hanya saja di dunia pendidikan namanya jejaring atau jaringan sossial pendidikan.Seperti apa itu........selamat membaca..,.,.

Apa sih Jaringan sosisal itu???
Jaringan Sosial adalah struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (individu dan organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturuna, dll.

Analisis jejaring jaringan sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan.

  • Simpul : Aktor individu di dalam jaringan.
  • Ikatan : Hubungan antar aktor tersebut, bisa terdapat banyak ikatan dan sampul seperti ikatan mulai dari keluarga hingga negara.

Contoh situs web jejaring sosial:
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Friendster
  4. Hi5
  5. MySpace

Contoh jejaring sosial yag bertemakan pendidikan:

Berikut adalah beberapa dari contoh jejaring sosial pendidikan:

  1. ThinkQuest

    Oracle ThinkQuest adalah sebuah situs web pembelajaran yang disponsori oleh Oracle Education Foundation, dan dikhususkan untuk pelajar SD sampai SMA serta para guru yang mendampingi mereka.

  2. GeSchool.net

    GeSchool adalah website jejaring sosial bertemakan pendidikan dan bertujuan untuk pertemanan dengan berbagai fiturnya. GeSchool memadukan kemampuan jejaring sosial Facebook dan Twitter sehingga layak menjadi medsos bagi pelajar maupun masyarakat umum.

  3. Edmodo

    Edmodo adalah platform pembelajaran yang aman bagi guru, siswa dan sekolah berbasis sosial media.Edmodo dapat diaplikasika untuk satu kelas maupun satu sekolahan.Memiliki berbagai Fitur untuk mendaftar dan selalu diupdate oleh pengembangnya.

  4. Baca juga :

    Pengertian Edmodo,beserta Kelebihan dan Kekurangannya

  5. Hoodemia

    Dikembangkan di pusat ilmu komputer (Pusikom) Univeritas Indonesia dan jejaring sosial yang terfasilitasi secara resmi dengan institusi pendidikan. Serta membernya sampai ke perguruan tinggi.

  6. Sekolah Juara

    Merupakan sebuah layanan yang membantu sekolah dalam mengelola lembaganya. Melalui sekolah juara, kepala sekolah dapat menjalankan fungsi manajerialnya secara lebih rapi, terencana, akuntable, dan aman.

  7. Siap Sekolah

    SIAPKU adalah jejaring sosial pendidikan Indonesia sebagai media berbagi beragam informasi tugas, berita, pengumuman, kegitan, sampai berkas (file) antar sekolah, siswa, guru, dan para orang tua / wali murid.

  8. JIBAS

    Singkatan dari Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah, dan akan menggabungkan fitur & layanan berupa komunitas+konten+informasi+hiburan, mirip seperti gabungan Facebook+Google+Yahoo!+WikiPedia tetapi khusus untuk pendidikan Indonesia.


Sepertinya cukup sekian artikel kali ini yang berjudul Pengertian dan Jenis-jenis Jejaring Sosial Pendidikan,apabila ada kesalahan saya mohon maaf,semoga anda dapat mengambil manfaat dari artikel ini.Bye......,.,.,.

2 Responses to "Pengertian dan contoh Jejaring sosial pendidikan"