20 perintah dasar pada Linux(CLI) yang wajib Diketahui

20 Perintah dasar pada linux

20 perintah dasar pada linux

HI guys whats'up,kali ini kita akan membahasa sesuatu yang sangat lekat dengan linux berbasis CLI,apakah itu??? Yup seperti judul di atas,kita akan membahas tentang perintah dasar linux,dan sesuai judul di atas juga kita hanya akan membahas 20 yang menurut saya paling mudah untuk dihafalkan.Kenapa???Karena waktu saya kelas XI saya diperintahkan untuk harus hafal perintah dasar pada linux dan struktur file system pada linux.jadi kemungkinan sobat sekalian juga akan atau sedang mengalami seperti saya atau mungkin juga sedang cari referensi aja.....hehehe cukup basa-basinya takutnya nanti keburu basi(ngomong opo koe to mas??).....Selamat membaca

linux adalah Sistem operasi buatan Linus Torvalds yang merupakan salah satu perangkat lunak (sistem operasi) yang open source atau dengan kata lain linux ini kode sumbernya dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja
Perintah dasar pada linux:
  1. CD
    Digunakan untuk berpindah dari satu direktori ke direktori lainnya.misal kita login ke os linux kemudian kita akan masuk ke direktori /home/debian jika akan berpindah ke direktori lain kita harus mengetikan "cd /var/www" maka kita akan berpindah ke direktori ini.
  2. MKDIR
    Digunakan untuk membuat dirktori atau folder baru.misal kita berada pada direktori /home/debian kemudian kita ketikan perintah mkdir tkj3 maka didalam direktori debian akan tercipta sebuah direktori baru bernama tkj3.
  3. Touch
    Digunakan untuk membuat file.Misal didalam direktori tkj3 tadi kita akan membuat file bernama "kabel",maka kita tinggal mengetikkan touch kabel.txt dengan begitu didalam direktori tkj3 akan tercipta suatu file bernama kabel.txt.
  4. LS
    digunakan utntuk melihat isi dari suatu direktori.misal kita berada di direktori /home/debian lalu kita mengetikkan ls maka akan tampil apa saja yang ada di dalam direktori tersebut.Tadi kita sudah membuat file di direktori tkj3,jika kita mengetikan ls maka akan tampil kabel.txt.
  5. NANO
    Digunakan untuk mengedit isi dari suatu file.Misal kita ingin mengedit isi dari file kabel.txt maka ketikkan nano kabel.txt dengan begitu akan tampil suatu halaman untuk mengedit isi file tersebut.misal lagi anggap kita isi dengan "Pengin punya PC spek DEWA",jika telah diedit maka tekan ctrl+x untuk menyimpannya.
  6. CAT
    DIgunakan untuk membuka atau menampilkan isi suatu file.Misal tadi kan kita telah mengedit file kabel.txt,saat kita mengetikan cat kabel.txt maka akan tampil isinya yang tidak lain dan tidak bukan adalah seperti pad gambar dibawah.Tapi perintah cat ini hanya menampilkan isinya saja tidak bisa untuk mengeditnya.
  7. cp
    Digunakan untuk menyalin suatu file.MIsal kita akan menyalin file kabel.txt yang ada di direktori /home/debian/tkj3 ke direktori tkj
  8. mv
    move digunakknan utuk memindahkan suatu file dari sebuah direktori ke direktori lainnya,dengan format "mv nama file tujuan" seperi pada gambar sya memindahkan file laptop dari direktori tkj menuju direktori tkj3(fungsinya sama seperti cut pada windows).
  9. rmdir
    Digunakan untuk menghapus folder/direktori kosong.Jadi ketika kita ingin menggunakan perintah ini kita harus menghapus semua file yang ada didalamnya(dengan perintah rm).Misal kita akan menghapus direktori tkj3(sudah dikosongkan) yang terletak didalam direktori debian,ketik rmdir tkj3 (lihat gambar).
  10. RM
    Digunakan untuk menghapus sebuah file yang ada dalam suatu direktori.Misal kita berada dalam dirktori tkj3 lalu kita akan menghapus kabel.txt maka kita tinggal mengetikan rm kabel.txt otomatis file kabel.txt akan musnah dan terhapus dari direktori tkj3.
  11. history
    Digunakan untuk melihat perintah apa saja yang telah digunakan.Jadi dengan perintah ini kita dapat melihat perintah-perintah yang telah kita gunakan dari awal menghidupkan sampai ketika kita menggunakan perintah history.
  12. ifconfig
    Digunakan untuk melihat informasi kartu jaringan(ethernet card).Dengan perintah ini kita dapat melihat konfigurasi atau settingan kartu jaringan yang kita pakai.
  13. su
    Digunakan untuk menjalankan perintah sebagai root.Dengan memasukan peirntah ini kita akan login sebagai root,dan akan diminta untuk memasukan password.Ketika kita menjadi root,kita dapat membuat direktori,file,mensetting DNS,Web Server,DHCP,dan konfigurasi lainnya.
  14. who
    Digunakan untuk melihat nama login.Jadi dengan perintah ini kita dapat mengetahui nama-nama user yang login ke komputer kita.
  15. reboot
    Digunakan untuk merestart komputer anda.Biasanya dilakukan kketika komputer dirasa lelet,komputernya macet-macet atau ketika kita memasukan Disk lain,namun macet ketika di dalam.Perintah reboot adalah solusinya.
  16. clear
    Digunakan untuk membersihkan seluruh layar terminal.MIsal layar teminal anda sudah penuh terus anda mulai bingung,ketikan saja clear maka layar terminal anda langsung bersih.
  17. cal
    Digunakan untuk menampilkan kalender.jadi ketika anda ingin tahu sekarang tanggal berapa segeralah hidupkan komputer anda ketik cal dan tada kalendernya akan muncul.
  18. date
    Digunakan untuk menampilkan tanggal.ketika anda menjalankan perintah ini maka di layar terminal anda akan muncul tangal pada hari itu.
  19. poweroff
    Digunakan untuk mematikan system.fungsinya sama seperti shutdown pada windows.Jadi ketika ingin mematikan Komputernya tinggal ketik saja poweroff maka tinggal tunggu beberapa saat kemudian komputernya akan mati.
  20. halt
    Digunakan untuk mematikan system.Fungsinya sama dengan poweroff dan shutdown.
  21. Sepertinya cukup sampai disini saja penjelasan kali ini,saya yakin sobat semua pasti sudah paham dengan penjelasan saya,jika anda kurang paham silahkan gunakan bagian komen dibawah untuk bertanya............,.,.bye

1 Response to "20 perintah dasar pada Linux(CLI) yang wajib Diketahui"