Jenis-Jenis Mouse Dan Fungsi



A.Pengertian Mouse


Mouse adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk meng-input (memasukkan data) yang akan diproses secara komputasi, mouse bekerja dengan mendeteksi gerakan dua dimensi dari penggunanya. Gerakan tersebut kemudian diterjemahkan atau diproses oleh sistem komputer menjadi gerakan kursor pada monitor, sehingga pengguna dapat mengontrol tampilan monitor komputer dengan mudah.
Mouse digunakan pada komputer dengan sistem operasi berbasis GUI,pasalnya pada sistem operasi berbasis CLI mouse sangat jarang di gunakan bahakan tidak pernah digunakan.Mouse mepunyai 3 tombol yaitu:
1.      Klik kiri     : digunakan untuk memilih menu,file dan membuka program atau file dengan cara double klik.
2.      Klik kanan :digunakan untuk membuka menu options dan untuk membuaka menu lainnya.
3.      Scroll         :Digunakan untuk mendrag dan juga menggeser scroll atau lembaran.
B.Sejarah Mouse

Nama mouse berasal dari bahasa inggris yang artinya tikus,Dinamakan mouse karena bentuknya mirip dengan tikus.Istilah mouse ini pertama kali dipublikasikan oleh Bill English melalui karyanya dengan judul "Computer-Aided Display Control" pada tahun 1965
Sejarah Mouse Komputer berawal dari ditemukannya 'Trackball oleh Ralph Benjamin, seorang Angkatan Laut Kerajaan Inggris,  pada tahun 1946. Trackball merupakan komponen dari sebuah sistem radar, yang kemudian dikenal dengan CDS (Comprehensive Display System).Kemudian pada tahun 1963 prototipe mouse pertam kali diciptakan. Saat itu tercatat sebagai tahun dimana mause ditemukan. Adalah Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute yang berhasil menciptakan prototipe mose tersebut, dalam peletiannya Douglas dibantu oleh insinyur kenamaan, Bill English. 
Bentuk mouse yang mereka buat saat itu, merupakan gambaran bentuk mouse yang kemudian berkembang hingga saat ini. Atas penemuannya tersebut  Douglas Engelbart dikenal sebagai Father of Mouse (Bapak Mouse).Kali pertama diperkenalkannya, mouse hanya memiliki dua alat mekanik berbentuk roda sebagai menanda arah yang masing-masing mengacu pada sumbu X dan sumbu Y. Mouse ini hanya memiliki satu tombol saja pada bagian atasnya. Dan bentuknya masih terlihat sangat primitif.Engelbart kemudian mematenkannya pada 17 November 1970, dengan nama Penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y Position Indicator For A Display System)

C.Jenis-jenis Mouse
            Dikarenakan perkembangan IT yang begitu pesat, perkembangan mouse juga tak kalah pesat,dibuktikan dengan banyaknya jenis dan variasi mouse yang ada pada saat ini(kemungkinan akan terus berkembang di masa mendatang).
Berikut ini adalah jenis-jenis mouse berdasarkan cara menggerakkannya:
1.      Mouse Optic

Mouse jenis optic menggunakan teknologi optic untuk menggerakkan pointer yang di letakkan  di bagian bawah mouse. Mouse Optik menggunakan teknologi LED (Light Emitting Diode) dalam operasinya serta pencitraan array dari sebuah foto dioda agar dapat merekam gerakan di permukaan bidang datar.
            Kelebihan:
1.       Sensitifitasnya tinggi,
2.      Tidak mudah kotor(tidak seperti trackball mouse,)
3.       Bisa digunakan di permukaan yang ga ratahargannya lebih murah
4.      tingkat akurasi lebih besar dari mouse trackball
5.      perawatan lebih mudh
Kekurangan: 
1.      sulit untuk bergerak jika alasnya licin
2.      Sensitifitas yang tinggi kadang bermasalah bagi sebagian orang 

2.      Mechanical Mouse (Mouse Mekanik)

Mechanical Mouse adalah mouse generasi pertama. Maouse ini pertama kali dikenalkan oleh perusahaan perangkat komputer yang berbasis di Jerman, Telefunken, pada tahun 2 Oktober 1968. Mouse ini dikenali dengan menggunakan trackball (mouse bola), sebagai pengganti roda, yang memungkinkan pengguna memindahkan kursor kesegala arah.Jenis mouse trackball dapat dengan mudah dikenali yaitu dengan melihat adanya bola kecil yang di gunakan untuk menggerakkan pointer.

Kelebihan Mouse yang menggunakan Trackball :
1.      Harga murah
Kekurangan Mouse yang menggunakan Trackball :
1.      Harus sering dibersihkan untuk menghilangkan debu yang menempel pada bolanya yang dapat menghambat putaran pada roda-roda sensornya, sehingga membuat mouse tidak dapat bekerja dengan baik dalam merespon gerakan user
2.       Tingkat akurasi lebih kecil dibanding mouse optikal
Berikut adalah jenis mouse lain yang dapat ditemukan pada saat ini:
1.      Gaming Mouse (Mouse Game) 

Gaming Mouse ini diperuntukan sebagai mouse bagi para gamer (pencinta game komputer).  Berbagai desain gaming mouse pun telah diciptakan saat ini, tentunya dengan variasi bentuk dan fungsi tambahan yang beragam.Gaming Mouse dari segi bentuknya dapat dibedakan menjadi tiga bentuk, yaitu:
·         Claw Grip Mouse : Gaming Mouse yang dilengkapi dengan sandaran tangan, posisi jari ditekuk.
·         Palm Grip Mouse : Gaming Mouse yang digukan dengan tangan bertumpu pada mouse, posisi jari menjulur memanjang.
·         Finger Tip-Grip Mouse : Seperti namanya, gaming mouse ini digunakan dengan jari (finger), posisi telapak merenggang alias tak menyentuh mouse.
2.       Inertial and Gyroscopic Mouse (Mouse Inertial dan Mouse Gyroscopic)


Umumnya jenis mouse ini disebut juga 'Air Mouse', dalam bahasa indonesia diartikan sebagai 'mouse udara' atau 'mouse melayang', karena memang saat dioperasikan tidak memerlukan bidang datar sebagai alas. Mouse ini cocok digunakan oleh seorang public speaker yang menggunakan slide presentasi, atau presenter. Jenis mouse ini biasanya tidak menggunakan kabel penghubung (cordless).
3.      Tactile Mouse (Mouse Sentuh).


Jenis mouse selanjutnya yaitu Tactile Mouse atau Mouse Sentuh. Dalam mouse jenis ini disematkan semacam aktuator kecil sebagai ditektor yang mampu menciptakan getaran.Kelebihan dari jenis Tactile Mouse yaitu dapat meningkatkan user-interface melalui haptic feedback, semisal memberikan umpan balik (respon) kepada penggunanya saat keluar dari jendela program (window).
4.      Ergonomic Mouse (Mouse Ergonomis)

Terciptanya jenis ini pada dasarnya bertujuan agar memberikan kenyamaan saat pengguna mengoperasikan mouse, karena kenyamanan tersebut tidak didapatkan saat menggunakan mouse kebanyakan. Selain itu Mouse Ergonamik juga diciptakan untuk menghindari terjadinya cedera seperti arthritis, carpal tunnel syndrome, serta cedera regangan lainnya. Oleh karenanya bentuk Ergonomic Mouse ini dirancang agar senyaman mungkin saat digunakan, dan memperhatikan dengan detail sandaran tangan, posisi tangan, jangkauan tombol dan lainnya.
Berikut ini adalah jenis-jenis mouse dilihat dari bentuk portnya:
1.      Mouse Serial

Mouse Serial banyak digunakan pada era komputer jaman dahulu, yaitu pada era Pentium 1 ataupun Pentium 3 yang berjenis AT. Dari bentuknya, mouse ini berbentuk port serial yang memiliki beberapa pin pada ujung portnya.
2.      Mouse PS2

Mouse PS2 hingga saat ini masih tetap digunakan walaupun penggunanya terbilang tinggal sedikit saja berhubung telah banyaknya mouse dengan tipe dan teknologi yang lebih baru.Dari segi bentuk, Mouse PS2 mempunyai ciri khas berwarna hijau pada bagian ujung kabelnya, warna inilah yang digunakan untuk membedakan antara mouse dan keyboard yang biasanya menggunakan warna biru ataupun ungu. Mouse ini banyak dijumpai pada masa pentium 3 dan 4, dan seiring perkembangan teknologi mouse PS2 kini sudah mulai ditinggalkan.
3.      Mouse USB

Hingga saat ini Mouse jenis USB masih yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh pengguna komputer, karena Mouse USB sangat kompatibel untuk komputer jaman sekarang.
Dilihat dari bentuknya, Mouse USB mempunyaui ciri khas yang berbentuk port pada ujung kabelnya. Penggunaannya sangat mudah, anda tinggal colokkan atau plug ke port usb komputer anda, dan mouse pun siap untuk digunakan.

4.      Mouse Wireless

Teknologi terbaru dari mouse adalah di buatnya mouse dengan fitur wireless menggunakan sensor kecil berbentuk USB. Dengan adanya wireless maka penggunaan kabel pun berhasil dihilangkan, dan mouse bisa di gunakan dari jarak
yang cukup berjauhan dengan komputer.Penggunaan mouse wireless sangat mudah, anda tinggal colokkan wireless device ke port usb dan mouse andapun akan otomatis mendeteksi sinyal wireless tersebut.

Kelebihan mouse yang menggunakan teknologi wireless:
1.      tak memerlukan kabel sehingga menghemat tempat
2.      lebih nyaman digunakan karena tidak membutuhkan kabel,
3.      mudah dibawa kemana-mana,dan lebih tahan lama.
Kekurangan mouse yang menggunakan teknologi wireless:
1.      harganya lebih mahal.
2.      trus rentan hilang karena tidak menggunakan kabel.
3.      jika baterai habis, harus diganti, kalau tidak, tak bisa digunakan.

D.Fungsi Mouse

Selain berfungsi seperti yang sudah dipaparkan diatas (klik kiri, kanan dan scroll) mouse juga mempunyai banyak fungsi yang lain seperti :
1.      Memasukkan perintah kepada komputer dimana cara kerja dari mouse ini adalah dengan cara menggeser - geser mouse di permukaan papan yang datar.
2.      Penggerak pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di layar monitor.
3.      Digunakan untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan: klik (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan dan geser / drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah).
4.      Berfungsi untuk menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll.
5.      Mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya sekarang.
6.      Membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat
7.      Memperbesar atau juga memperkecil tampilan worksheet
8.      Mengaktifkan command button dan juga melakukan suatu aksi tertentu pada aplikasi
9.      Untuk perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse berfungsi sebagai tombol enter.
10.  Mouse juga bisa berfungsi sebagai pengontrol perbesaran tampilan objek.
11.  Mouse juga mampu berfungsi melakukan konversi dan isntruksi ke dalam bentuk sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh komputer.
Sumber:

0 Response to "Jenis-Jenis Mouse Dan Fungsi"

Post a Comment