Pengertian Routing Dan Perbedaan Routing Dengan Bridging

perbedaan routing dengan bridging

Pengertian Routing dan Perbedaan Routing dengan Bridging

Selamat Pagi Kawn -kawan,Pada kesempatan kali ini mumpung ada internet gratis saya akan berbagi tentang Routing.Routing adalah salah satu materi yang akan dipelajari pada kelas dua oleh anak tkj.Saya belajar routing menggunakan mikrotik,mungkin anda juga pakai mikrotik atau malah pakai Cisco.Kali ini saya hanya akan menyampaikan tentang materinya saja belum dengan prakteknya.Selamat membaca....

Apa itu Routing

Routing adalah Penentuan jalur terbaik(best path) untuk mencapai suatu network tujuan dalam proses pemindahan paket data dari host pengirim ke host tujuan dimana host pengirim dan host penerima tidak dalam satu network.


Perbedaan routing dan bridging
  1. Routing
    1. Routing bekarja pada lapisan
    2. berkaitan erat dengan ip address
    3. yang diolah adalah paket data
  2. Bridging
    1. Terjadi pada layer2(data link layer).
    2. Berkaitan erat dengan Mac Address
    3. yang diolah adalah frame

Alat yang digunakan untuk melakukan routing dan mengimplentasikan routing dalam suatu jaringan adalah Router.Router adalah Perangkat jaringan yang mampu menentukan jalur terbaik yang dapat ditempuh suatu paket untuk mencapai network tujuan.Router juga mampu memindahkan paket yang masuk pada interfacenya untuk keluar di interface jaringan lain.

Untuk memilih router kita harus memperhatikan kebutuhan jaringan kita.Misal : Apakah jaringan butuh router dengan dukungan hardware berkapasitas beasar? ataukah router dengan hardware berkapasitas minim?

Untuk jaringan yang besar tentu membutuhkan teknik routing yang kompleks sehingga dalam kondisi tersebut Anda membutuhkan router dengan hardware yang powerfull pula.Sedangkan untuk jaringan yang kecil tentu router berspesifikasi "biasa" sudah cukup.

Dalam router dikenal istilah dedicated router,maksudnya adalah perangkat jaringan yang khusus difungsikan sebagai router dan dilengkapi dengan sistem operasi yang memenag difungsikan untuk melakukan routing jaringan.Misal : Cisco router dengan sistem operasi CiscoIOS, MikroTik Router dengan sistem operasi MikroTik Router OS, Juniper Router dengan sistem operasi JUNOS, D-Link Router, 3Com Router, dll.

Oklek cukup sampai disini saja,Bila ada kesalahan pada kata-kata saya atau pada materi saya ada yang salah mohon sarannya yang membangun....hehehe..bye

0 Response to "Pengertian Routing Dan Perbedaan Routing Dengan Bridging"

Post a Comment