Sejarah 7 layer Osi beserta Fungsi 7 layer OSI

7layer osi

Sejarah 7 layer OSI Beserta Fungsinya

Selamat datang Kembali wahai anak muda(?).Oke kali ini kita akan membahas tentang 7 layer OSI, 7 layer Osi adalah suatu standar untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor-vendor yang berbeda.berikut ini adalah sejarah 7 layer osi beserta fungsinya.

Sejarah 7 layer osi

Jauh sebelum kita mengenal komputer, khususnya di Indonesia, Pada era tahun 70 an para staf ahli di berbagai Perusahaan software seperti Digital dan IBM serta perusahaan besar lainnya telah mengembangkan sebuah arsitektural jaringan yang berupa model. Lantas, hal tersebut tidak berjalan dengan baik karena perbedaan protokol dan format data yang dibuat masing-masing perusahaan/ pengembang. Sehingga pada era tahun 80 an ISO (International Organization for Standardization) menyelesaikan masalah tersebut dengan menciptakan model arsitektural jaringan yang bernama OSI.

Fungsi 7 layer OSI

Berikut ini adalah 7 layer osi beserta fungsinya:

  • Physical Layer berfungi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode persiyalan, Sinkronisasi bit, Arsitektur jaringan, Topologi Jaringan, dan Pengkabelan.

  • Data Link Layer berfungi untuk menentukan bagaimana bit-bit dikelompokan menjadi format yang disebut frame.

  • Network Layer berfungi untuk mendefinisikan alamat ip, membuat header paket-paket dan kemudian melakukan routing melalui internet working denagn menggunakan router dan switch.

  • Transport Layer berfungi untuk memecahkan data menjadi paket-paket, sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan yang telah diterima.

  • Session Layer berfungi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, ataupun dihancurkan.

  • Presentation Layer berfungi untuk mentranslasikan data yang hendak ditranslasikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapa ditransmisikan melalui jaringan.

  • Aplication Layer berfungi sebagai antarmuka pada aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan dan membuat pesan kesalahan.

Oke saya kira cukup samapai disini saja pembahasannya,jika anada kurang paham bisalah cari informasi dari berbagai sumber biar lebih mantap....hehehehe....bye.

0 Response to "Sejarah 7 layer Osi beserta Fungsi 7 layer OSI"

Post a Comment